Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingat! Ini Dia Gejala Covid-19 Bisa Muncul Setelah Sembuh dari Infeksi

Infonow21- Terdapat sebuah studi observasional Pasca-Corona yang terletak di negara India Utara, berhasil mengungkapkan beberapa gejala covid-19 yang ternyata masih bisa muncul, meskipun telah sembuh. Tetapi, gejala tersebut cenderung akan mereda dalam waktu beberapa minggu.
Ingat! Ini Dia Gejala Covid-19 Bisa Muncul Setelah Sembuh dari Infeksi
"Implikasi dari penelitian ini adalah gejala akan muncul pada pasien yang pulih dari COVID, tetapi cenderung mereda atau sembuh selama beberapa minggu," kata Dr Naveet Wig, HOD, dari Department of Medicine, AIIMS, yang dikutip dari Live Mint, Sabtu (31/7/2021).

"Mereka tidak perlu panik, dan harus berkonsultasi dengan dokter lokal mereka yang akan merawat mereka secara memadai," imbuhnya.

Pernyataan tersebut dinyatakan dalam studi pra-peer-review yang dilakukan pada 1.234 relawan pasien positif covid-19 yang sudah 2 minggu dinyatakan sembuh dari covid-19, dan para pasien ini berusia di atas 18 tahun. Studi ini dilakukan di daerah pusat kesehatan tersier di negara India Utara pada bulan Oktober 2020 dan Februari 2021.

Dari hasil studi tersebut, sekitar 40 persen pasien masih mengalami gejala pada bulan pertama, setelah sembuh dari covid-19, 22 persen masih memiliki gejala selama 1-3 bulan, dan 10 persen masih merasakan gejala hingga lebih dari 3 bulan.

Gejala umum yang masih terjadi pada pasien setelah sembuh dari covid-19, diantaranya:
  1. Nyeri tubuh
  2. Kelelahan
  3. Kesulitan bernapas
  4. Batuk
  5. Gangguan tidur
  6. Gangguan mood
"Pola yang jelas muncul bahwa meskipun gejala covid-19 panjang yang umum dan bervariasi, mereka cenderung pulih pada sebagian besar pasien selama beberapa minggu dan hanya 10 persen yang memiliki gejala yang bertahan lebih dari 3 bulan. covid yang parah dan pasien dengan hipotiroidisme lebih mungkin mengalami gejala ini," ujar Dr Wig.

"Gejala pasca-covid adalah komplikasi covid-19 yang dikenali dengan baik, tetapi kurang dihargai. Meskipun gejalanya mungkin lebih umum pada pasien yang memiliki penyakit sedang hingga berat, itu dapat dilihat juga pada pasien yang tidak menunjukkan gejala atau memiliki penyakit ringan," jelas Associate Professor Departemen Kesehatan (AIIMS) Dr Neeraj Nischal.

"Gejalanya bisa dari gejala pernapasan, gejala psikologis, hingga multisistem yang luas," lanjutnya.

Walaupun begitu, Dr Nischal menjelaskan, gejala ini bisa hilang dengan seiring waktu tanpa banyak melakukan perawatan medis. Dengan cara menjaga pikiran tetap positif dan menjalani hidup secara normal tanpa terbebani dengan obat.

Bisa juga dengan melakukan latihan olahraga pernapasan, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, dan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan bertahap.

Sumber: detikHealth